Mengelola Kearsipan

15.46 0 Comments


A.      Pengerian kearsipan
Arsip adalah setiap catatan (record/warkat) yang tertulis, tercetak, atau ketika dalam bentuk huruf, angka, atau gambar yang mempunyai arti atau tujuan tertentu sebagai bahan komunikasi dan informasi yang terekam pada kertas,kertas film, media komputer, dan lain – lain yang disimpan menurut satu dan aturan sehingga bila diperlukan dapat di temukan dengan mudah.
Contohnya surat, kartu, flash disk, telegram,formulir, hasil faksimile, faktur daftar grafik, memo, gambar dan lain – lain.
B.      Jenis-jenis arsip
1.      Jenis arsip berdasarkan bentuk dan fisiknya
Berdasarkan bentuk dan fisiknya terbagi menjadi dua yaitu,
a.      Arsip yang berbentuk lembaran, contoh: surat, kuitansi, faktur dan foto
b.      Arsip yang berbentuk lembaran, contoh: disket, flash disk, mikro film, dan rekaman pada pita karet.
2.      Jenis arsip berdasarkan masalahnya
            Berdasarkan masalahnya terbagi  menjadi lima yaitu:
a.      Finacial record, yaitu arsip yang berisi catatan mengenai masalah keuangan. Contoh: kuitansi, cek , dan giro.
b.      Inventory recodr, yaitu yang berhubungan dengan masalah barang inventaris. Contoh: catatan tentang jumlah barang, merek, dan ukuran.
c.       Personal record, yaitu arsip yang berhubungan dengan masalah kepegawaian. Contoh: surat lamaran pekerjaan, absensi pegawai, dan surat keputusan.
d.      Sales recodr, yaitu arsip yang berhubungan dengan masalah penjualan. Contoh: data penjualan dan data nama agent distributor.

e.      Production record, yaitu arsip yang berhubungan masalh produksi. Contoh: arsip tentang jenis bahan baku, jenis alat atau mesin yang digunakan.

Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard. Google

0 komentar: