Berkomunikasi Dengan Telepon

 
     Halo! kali ini kami ingin mensharing materi mengenai "Berkomunikasi Dengan Telepon". Sebagai seorang calon sekretaris yang baik tentunya kita dituntut untuk mahir menggunakan telepon, namun mahir disini bukan hanya dapat menggunakan telepon saja yah, tetapi kalian juga harus dituntut untuk berkomunikasi dengan baik dan benar layaknya seorang sekretaris dalam menanggapi orang lain.

Nih, untuk lebih jelasnya silahkan kalian pahami materi dibawah ini :




A. PENGERTIAN TELEPON

      Kata telepon berasal dari kata tele yang berarti  jauh ,dan phone yang berarti bunyi. Menurut KBBI pengertian telepon sebagai berikut:

  • Pesawat dengan listrik dan kawat untuk bercakap-cakap antara dua orang yang berjauhan tempatnya.
  • Percakapan yang disampaikan dengan pesawat tersebut.
Dari pengertian-pengertian diatas, dapat disimpulkan pengertian telepon dilihat dari dua segi yaitu:
  • Dari segi wujud dan material atau harga,telepon adalah alat atau saran komunikasi yang digunakan menyampaikan warta dari satu pihak ke pihak lain yang berjauhan jarakya baik seacara internal (dalam satu kantor) maupun secara eksternal (di luar kantor atau dengan pihak-pihak lain).
  • Dari segi kegiatannya,telepon berarti berbicara atau bercakap-cakap dengan pesawat telepon,baik itu menelepon maupun menerima telepon. 


B. MANFAAT MENGGUANAKAN TELEPON

Telepon sebagai sarana komunikasi dipakai untuk menyampaikan informasi dengan cepat. Komunikator (pengirim pesan) maupun komunikan (penerima pesan). Dan dapat menyampaikan berita dengan  cepat pada saat yang sama. Ada empat manfaat utama seseorang mengunakan telepon,yaitu:

       a)      Kecepatan
Mengangkat gagang pesawat telepon dan menekan tombol nomor telepon akan jauh lebih cepat daripada menulis/mengetik surat atau harus menuju kesuatu tempat tertentu untuk berkomunikasi.

       b)      Biaya
Biaya dapat ditekan karena waktu yang dapat dihemat,jika dibandingkan dengan datag langsung ke suatu tempat untuk berkomunikasi,apalagi dalam jarak jauh. Akan lebih murah ,efisien,dan praktis.

       c)      Hubungan pribadi
Walau tanpa tatap muka langsung,namun Anda dapat mendengar suara dan membayangkan  orang yang menjadi lawan bicara Anda.

       d)      Tanggapan atau umpan balik.
Tidak seperti komunikasi tertulis,dengan telepon Anda daat langsung memperoleh tanggapan atau respon dari lawan bicara.

C. BERKOMUNIAKSI EFEKTIF

      Suatu informasi, berita, atau pesan yang disampikan komunikator kepada komunikan harus dapat diterima dan dimengerti dengan baik. Untuk mtngetahui apakah informasi yang disampaikan telah diterima atau dimengerti adalah melalui tanggapan atau respons.

Berkomunikasi jark jah dapat dilakukan dengan menggunakan brbagai media,seperti telepon, faksimile, walkie-talkie, videofon ,televisi ,radio, dan lain sebagainya. Berdasarkan Prof. A.Mehrabian ,diketahui bahwa pengaruh keseluruhan dari sebuah berita, informasi, atau pesan yang disampaikan secara verbal, visual, dan vokal adalah sebagai berikut.
·         7%   :verbal (dari kata-kata)
·         55% :visual (dari gerakan tubuh)
·         38% :vokal (dari nada suara
                          
Hal-hal yang harus diperhatikan agar komunikasi melalui telefon menjadi lebih efektif adalah sebagai berikut:
              1.      Jelas
              2.      Ringkas
              3.      Sopan
              4.      Kebaikan pembicaraan
       
      Semoga materi yang kami buat dapat berguna bagi kalian :)
Kalau ada yang ingin ditanyakan atau kurang paham, silahkan tulis di komentar  :)


Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard. Google

0 komentar: