Berkomunikasi Dengan Telepon
Halo! kali ini kami ingin mensharing materi mengenai "Berkomunikasi Dengan Telepon". Sebagai seorang calon sekretaris yang baik tentunya kita dituntut untuk mahir menggunakan telepon, namun mahir disini bukan hanya dapat menggunakan telepon saja yah, tetapi kalian juga harus dituntut untuk berkomunikasi dengan baik dan benar layaknya seorang sekretaris dalam menanggapi orang lain.
Nih, untuk lebih jelasnya silahkan kalian pahami materi dibawah ini :
A. PENGERTIAN TELEPON
Kata telepon berasal dari kata tele yang berarti jauh ,dan phone yang berarti bunyi. Menurut
KBBI pengertian telepon sebagai berikut:
- Pesawat dengan listrik dan kawat untuk bercakap-cakap antara dua orang yang berjauhan tempatnya.
- Percakapan yang disampaikan dengan pesawat tersebut.
- Dari segi wujud dan material atau harga,telepon adalah alat atau saran komunikasi yang digunakan menyampaikan warta dari satu pihak ke pihak lain yang berjauhan jarakya baik seacara internal (dalam satu kantor) maupun secara eksternal (di luar kantor atau dengan pihak-pihak lain).
- Dari segi kegiatannya,telepon berarti berbicara atau bercakap-cakap dengan pesawat telepon,baik itu menelepon maupun menerima telepon.
B. MANFAAT MENGGUANAKAN TELEPON
Telepon sebagai sarana komunikasi
dipakai untuk menyampaikan informasi dengan cepat. Komunikator (pengirim pesan)
maupun komunikan (penerima pesan). Dan dapat menyampaikan berita dengan cepat pada saat yang sama. Ada empat manfaat
utama seseorang mengunakan telepon,yaitu:
a) Kecepatan
Mengangkat
gagang pesawat telepon dan menekan tombol nomor telepon akan jauh lebih cepat
daripada menulis/mengetik surat atau harus menuju kesuatu tempat tertentu untuk
berkomunikasi.
b) Biaya
Biaya
dapat ditekan karena waktu yang dapat dihemat,jika dibandingkan dengan datag
langsung ke suatu tempat untuk berkomunikasi,apalagi dalam jarak jauh. Akan
lebih murah ,efisien,dan praktis.
c) Hubungan pribadi
Walau
tanpa tatap muka langsung,namun Anda dapat mendengar suara dan
membayangkan orang yang menjadi lawan
bicara Anda.
d) Tanggapan atau umpan balik.
Tidak
seperti komunikasi tertulis,dengan telepon Anda daat langsung memperoleh
tanggapan atau respon dari lawan bicara.
C. BERKOMUNIAKSI EFEKTIF
Suatu
informasi, berita, atau pesan yang disampikan komunikator kepada komunikan harus
dapat diterima dan dimengerti dengan baik. Untuk mtngetahui apakah informasi
yang disampaikan telah diterima atau dimengerti adalah melalui tanggapan atau
respons.
Berkomunikasi
jark jah dapat dilakukan dengan menggunakan brbagai media,seperti telepon,
faksimile, walkie-talkie, videofon ,televisi ,radio, dan lain sebagainya. Berdasarkan
Prof. A.Mehrabian ,diketahui bahwa pengaruh keseluruhan dari sebuah berita, informasi, atau pesan yang disampaikan secara verbal, visual, dan vokal adalah
sebagai berikut.
·
7% :verbal (dari kata-kata)
·
55%
:visual (dari gerakan tubuh)
·
38%
:vokal (dari nada suara
Hal-hal
yang harus diperhatikan agar komunikasi melalui telefon menjadi lebih efektif
adalah sebagai berikut:
1. Jelas
2. Ringkas
3. Sopan
4. Kebaikan pembicaraan
Semoga materi yang kami buat dapat berguna bagi kalian :)
Kalau ada yang ingin ditanyakan atau kurang paham, silahkan tulis di komentar :)
0 komentar: